Breaking News

Ruhul Islam Anak Bangsa Wisuda 175 Lulusan

Ruhul Islam Anak Bangsa Wisuda 175 Lulusan



Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB) Aceh Besar kembali mewisuda 175 lulusan dalam kegiatan ‘Haflah Takhrij XX’ di kampus dayah modern tersebut, Gue Gajah, Aceh Besar, Selasa (9/4/2019).

Dari total lulusan RIAB tersebut, sebanyak 123 putra/i berasal dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam, sementara 52 lainnya dari jurusan Keagamaan.

Hal itu diungkapkan Kepala MAS RIAB, Ustaz Kusnadi SAg MA, Rabu (10/4/2019). Dikatakan, sebagian lulusan RIAB sudah lulus di berbagai jurusan pada universitas favorit.

Di antaranya Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Teknik (FT) Unsyiah, Ilmu Hukum UIN Sunan Kalijaga, Jurusan Qur'an dan tafsir UIN Syarif Hidayatullah, Ilmu Falak UIN Walisongo Semarang, dan kampus lainnya di Indonesia.

“Ada 18 santri RIAB yang lulus dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2019. Sedangkan untuk Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), ada 28 santri yang lulus,” kata Kusnadi.

Menurutnya, RIAB terus memperkuat fasilitas untuk menunjang pembelajaran di sekolah berasrama itu dengan membangun Lab IPA (Fisika, Kimia, dan Biologi).
Di samping itu, seluruh ujian di dayah modern tersebut juga sudah menggunakan sistem berbasis komputer. “Ke depan, kami targetkan RIAB bisa launching ‘digital library’ untuk mempermudah santri dalam mengakses buku-buku,” katanya.

Sementara Ketua Haflah Takhrij RIAB 2019, Riza Afrian kepada Serambinews.com mengatakan, kegiatan wisuda tersebut juga diwarnai dengan penganugerahan wisudawan terbaik, guru terfavorit, pembina santri terbaik, dan karyawan terbaik yang mendapatkan bingkisan menarik.

“Kepada 11 hafiz 30 juz juga diberikan uang pembinaan masing-masing Rp 1.500.000, dan 1 di antaranya mendapat bonus umrah gratis,” jelas dia. 

Hadir pada acara tersebut, perwakilan dari Pemerintah Aceh, DPRA, Kanwil Kemenag Aceh, TNI dan Polri, serta Bank Aceh Syariah.

Selain itu hadir pula Dewan Pembina Yayasan RIAB, Prof Dr Syamsuddin Mahmud, Ketua Pengurus Harian Yayasan RIAB, Ir Razaly Yusuf, Ketua Komite Sekolah RIAB, Prof Dr Syahrizal Abbas, serta para undangan lainnya.



Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Ruhul Islam Anak Bangsa Wisuda 175 Lulusan
Penulis : Eddy Fitriadi
Editor: Safriadi Syahbuddin



No comments